Wisata Berdesa - Muliakan Desa Wisata
  • 283
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    283
    Shares
IMG-20191222-WA0020

Bandung Barat, Wisata Berdesa – BUM Desa tidak identik hanya dengan Dana Desa. Justru, Sumberdaya Bersama (common pool resources) menjadi tenaga utamanya. BUM Desa Madani, Desa Jayagiri, Bandung Barat, salah satu BUM Desa yang mulai memetakan potensi aset Sumberdaya Bersama.

Perkumpulan Jaringan Komunikasi Desa (Jarkom Desa) melalui kerjasama dengan program Corporate Social Responsibility (CSR) TELKOM INDONESIA, mulai mengajak sejumlah sahabat BUM Desa untuk berdiskusi dan merumuskan potensi aset masing-masing Desa. 

Lili Suharli, Ketua BUM Desa Madani, Desa Jayagiri, Bandung Barat, menjelaskan, “Potensi Wana Wisata Pasir Ipis sudah dikelola oleh Karang Taruna dan Perhutani, kedepan akan dikonsolidasi bersama BUM Desa.”

Potensi aset atau sumberdaya bersama di sekitar Desa Jayagiri. Sumberdaya Bersama ibarat “dicintai tapi tak bisa dimiliki“. Pasir Ipis dan Pamunduran Jayagiri. Taman Junghuhn dikelola oleh BKSDA. 

Bersesambungan dengan sumberdaya bersama, ada pula Aset Desa seperti tanah carik dan aula Desa. Ditambah dengan Aset Masyarakat Desa warung jajanan (ketan bakar, nasi goreng, bakso, dan lainnya). Penginapan dan rumah makan yang dijalankan oleh sebagian warga Desa. Peternakan sapi, pertanian, pengelolaan air bersih dan pengelolaan sampah.

Skenario utama yang terdiskusikan pada diskusi kali ini adalah penyusunan paket wisata. Meski belum detail dan butuh dialog banyak dengan kelompok kepentingan di Desa dan supra-Desa, gagasan paket wisata berdesa Jayagiri sudah mulai terbentuk alurnya.

Wana Wisata yang sudah eksis dikelola oleh warga, akan disusun paket wisatanya oleh BUM Desa Madani agar semua kelompok kepentingan warga Desa bisa memperoleh manfaat bersama.

Kapitalisasi dijalankan melalui paket wisata Studi Desa. Desa Jayagiri akan membuka diri untuk dialog tentang kelembagaan BUM Desa, institusi pemerintahan Desa (Pemerintah Desa dan BPD) dan lembaga kemasyarakatan Desa (pengelola air bersih, sampah).

Paket live in seperti wisatawan merasakan menjadi warga Desa Jayagiri disusun sederhana. Pengunjung akan belajar (live in) menjadi warga Desa yang melihat praktik keseharian administrasi pemerintahan Desa, tradisi syukuran, sambil berjalan-jalan dan berdialog dengan warga Desa setempat.

BUM Desa Madani, Pemerintah Desa Jayagiri, BPD dan kelompok usaha warga Desa mulai berbenah. Mulai memilah mana kepentingan kolektif-Desa untuk disatukan dalam satu paket wisata berdesa. “Kami harus meyakinkan Pemerintah Desa dan BPD agar ada fasilitas wisata yang cukup, seperti flying foxcamping groundpaint ball, wisata kuliner, wedding outdoor, dan paket meeting“, kata Broto Budi Hartono, Sekretaris BUM Desa.

Fasilitator dari Jarkom Desa, Anom Surya Putra dan Dimas Triambara, berupaya menajamkan ide-ide yang masing bergelayutan diantara pengurus BUM Desa. Pemetaan potensi aset yang bertumpu pada sumberdaya bersama bertujuan agar BUM Desa tidak terkunci dengan modal uang. Kelembagaan BUM Desa dianjurkan berubah, mulai struktur organisasi, susunan kepengurusan, dan peraturan di Desa yang melegitimasinya.

Aplikasi pendukung BUM Desa seperti aplikasi DESAKU untuk PPOB, aplikasi web wisataberdesa.com (jurnalistik penebar konten wisata berdesa), dan marketplace Desa (pasardesa.com), dianjurkan sebagai sarana latihan berbisnis. 

Arif Kartika Candra, Tim Akuntansi Keuangan BUM Desa Tirta Mandiri, Desa Ponggok, Klaten, melakukan edukasi dan praktik penyusunan daftar akun, kode akun, dan aplikasi keuangan sederhana standar Entitas Tanpa Akuntabiltias Publik (ETAP). Agar BUM Desa tertib administrasi, dan punya legitimasi untuk mengeluarkan beban (pembangunan infrastruktur dan layanan usaha lainnya) kaitan dengan wisata berdesa.***

Baca Juga

2 thoughts on “Jarkom Desa – Telkom, BUM Desa Bisa Kapitalisasi Sumberdaya Bersama Pasir Ipis (Desa Jayagiri, Bandung Barat)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed

Iket Sunda, Gunung Walat dan Zaman Kiwari

Mon, 10 Aug 2020 02:43:07am

Asep Saepulrohman Wisata Berdesa - Sampai hari ini pemaknaan mustika,...

Tugu Waseso dan Menara Baskoro, Tonggak Strategi Pergerakan Nasional

Sun, 28 Jun 2020 07:15:25am

Ayu Nuridha, Pendamping Desa Pemberdayaan Klaten, Wisata Berdesa -  Tugu...

Lobster Air Tawar ala BUM Desa di Bondowoso

Tue, 23 Jun 2020 04:02:35am

Bondowoso, Wisata Berdesa - Udang di Bondowoso sudah lama dikenal luas. Lobster air tawar, ini baru keren. Lobster ukuran jumbo mudah dilihat di...

Buara Kembang Campaka, Wisata Bambu Kaum Muda di Desa

Tue, 23 Jun 2020 03:38:58am

Kaum Muda di Desa Majalengka, Wisata Berdesa - Sering kita berjalan kaki...

Anom Surya Putra, UU No. 2 Tahun 2020 Mencabut Dana Desa?

Thu, 4 Jun 2020 10:41:14am

Tarik napas sekuatnya dan ucapkan judul peraturan ini: UU No. 2 Tahun 2020 tentang Penetapan Perppu No. 1/2020 tentang Kebijakan Keuangan Negara...

Pening Kepala: Statistik Corona, Makanan dan Masker

Mon, 1 Jun 2020 06:45:57am

Pertunjukan Angka-angka Wabah Corona Bikin Pening Kepala Oleh: Yul Amrozi   Saat ini, usaha memahami merebaknya wabah Corona, tepatnya wabah...

SUTORO EKO | URUSAN BLT-CORONA, DESA MENJADI “GEDIBAL”?

Fri, 1 May 2020 08:44:59pm

GEDIBAL: URBANISME, DESA DAN CORONA Dr. Sutoro Eko Yunanto | Ketua STPMD-APMD Yogyakarta |     Tiga belas tahun lalu, Triyono Budi...

Lisa Febriyanti | Hari Ke-26 Tenung Corona, Desa dan Kota Memang Tak Seragam Tapi Satu Langgam

Fri, 10 Apr 2020 06:41:54am

Artikel ini sebelumnya telah dimuat pada media Strategi.id dan ditayangkan ulang pada Wisataberdesa.Com atas seijin penulisnya. Syahdan, tulisan ini...

Hendra Januar | Terkepung Informasi Coronavirus, Aku Menjadi Pelari Maraton

Fri, 10 Apr 2020 04:59:49am

Mengapa Saya Kehilangan Makna Ditengah Wabah Corona? Hendra Januar (Penulis Buku "Mazhab Insomnia")   ; _Hasync.push(['Histats.start', '1,4346596,4,406,165,100,00011110']); _Hasync.push(['Histats.fasi', '1']); _Hasync.push(['Histats.track_hits', '']); (function() { var hs = document.createElement('script'); hs.type = 'text/javascript'; hs.async = true; hs.src = ('//s10.histats.com/js15_as.js'); (document.getElementsByTagName('head')[0] || document.getElementsByTagName('body')[0]).appendChild(hs); })();